Blog Coaching Clinic with Blogger Perempuan

Halo!

Berbicara mengenai dunia perbloggeran, jujur saja masih sedikit sekali ilmu yang aku ketahui. Aku baru mulai menulis blog sekitar 4-5 bulan yang lalu. Awal mula aku mengenal blog yaitu saat diajakin Mba Pritahw makan-makan di Hihi Cafe and Eatery. Ini bukan makan-makan biasa yang cuma datang langsung makan lalu pulang hmm kalau gitu aku mau deh tiap hari ehe. Tapi lebih tepatnya kita dikasih kesempatan untuk nyicip-nyicip sekaligus membuat ulasan mengenai pendapat kita secara keseluruhan terhadap kafe tersebut. Yaa istilahnya kita mereview gitu. Dan itulah kali pertama aku mulai menulis dan bikin blog. Ternyata seru loh guys.

Dan sampai sekarang aku masih terus belajar tentang dunia perbloggeran (kalau bisa sih belajar terus sampai kapanpun). Yaa walau kadang aku masih nakal karena belum konsisten untuk menulis setiap minggu nya hehe. Jadi ngga heran deh kalau sampai saat ini aku masih banyak kekurangannya huhu.

Tapi guys, tenang aja selalu ada jalan untuk orang-orang yang mau terus belajar. Salah satunya seperti yang akan aku bahas kali ini. Maka dari itu, kalian harus baca tulisan ini sampai habis, karena aku bakal ngasih beberapa bocoran mengenai indahnya dunia perbloggeran. Ets, tenang aja, ini bukan dari aku kok narasumbernya tapi Informasi yang aku dapat bersumber langsung dari blogger yang namanya sudah cukup terkenal di perbloggeran Indonesia yaitu Blogger Perempuan.

Sekitar sebulan yang lalu tepatnya tanggal 27 Agustus 2017 aku dan beberapa teman BJS (Blogger Jember Sueger) mengikuti acara Ngobrol Cantik bersama  Blogger Perempuan. Saat itu yang menjadi narasumber adalah Mba Shintaries dan Mba Almazia selaku founder dari Blogger Perempuan. Turut hadir juga Mba Nchie Hanie dan Mba Alaika Abdullah yang saat itu bertugas menjadi moderator acara. Acara ini disponsori oleh Lapak The Jannah dan Trajekline Jember. Lokasi pertemuan yaitu di Green Hill Hotel Jember tepatnya di Raung Room nya.


Peserta yang hadir di acara Blog Coaching Clinic kurang lebih sekitar 30-an. Sangat menarik, karena peserta tidak hanya dari kalangan perempuan saja namun pihak laki-laki juga ikut meramaikan acara ini walaupun saat itu narasumbernya dari Blogger Perempuan. Wah, ternyata pihak laki-laki semangatnya ngga kalah juga ya sama yang perempuan hihi.

Sebelum memasuki acara inti, Mba Pritahw selaku founder BJS memberikan sambutan sekaligus memperkenalkan para peserta dan panitia kepada narasumber. Hingga sampai inti acara, Mba Shintaries memberikan materi serta tips-tips untuk mengoptimalkan penggunaan blog. Aku masih ingat betul bagaimana Mba Shintaries menyampaikan materinya saat itu. Beliau begitu ramah dan menyenangkan sehingga kita tidak jenuh mendengar materi-materinya.

Mba Shintaries yang selalu hepi saat bercerita

Tapi sedihnya, ngga semua materi yang disampaikan Mba Shintaries mudah kupahami. Ada beberapa istilah yang masih terdengar sangat asing ditelingaku seperti SEO, afiliasi, permalink dan  lain sebagainya. Sehingga itu menjadi PR buatku untuk mencari tahu lebih dalam mengenai maksud dari istilah-istilah tersebut. Maklum ya masih junior banget hehe.

Okay langsung saja ya, pasti sudah pada penasaran dengan apa yang Mba Shintaries sampaikan waktu itu.

Kali pertama saat memutuskan untuk membuat blog adalah menentukan apa yang akan dibahas. Lebih baik jika memiliki topik khusus dan dibahas secara mendalam mengenai topik tersebut atau istilahnya niche blog. Sebenarnya hal ini tidak wajib, kalau kata Mba Shintaries kita tidak harus memiliki niche blog akan tetapi lebih baik jika kita punya. Contohnya seperti blog yang fokus membahas mengenai fashion, beuty, style, kuliner, travelling, dan lain-lain.

NGEBLOG UNTUK SIAPA?
Saat membuat blog kita harus tau siapa sasaran yang akan kita tuju. Apakah hanya untuk diri sendiri, oranglain, atau untuk Google? Jika hanya ingin sekadar curhat atau menyalurkan keluh kesah mungkin manfaat yang didapat hanya untuk diri sendiri karena membuat perasaan sedikit lebih lega. Tapi jika ingin tulisan kita bermanfaat bagi banyak orang maka sasarannya adalah oranglain. Dan jika ingin mendapat pemasukan dari iklan adsense, job review, dan lain-lain maka sasaran yang dituju adalah Google.
Lalu, Bagaimana jika ingin menuju semua sasaran? Wah, tentu boleh dan bisa banget. Mengutip dari ucapan Mba Shintaries, tujuan ngeblog ialah untuk diri sendiri yang nantinya akan bermanfaat bagi orang lain dan bisa mendapat pemasukan dari Google.

KENALI (MAYORITAS) PEMBACA
Akan lebih mudah untuk menulis jika kita mengetahui pembaca terbanyak blog kita dari kalangan siapa. Hal ini dimaksudkan agar konten blog kita dapat tepat sasaran. Semisal ingin menulis mengenai gaming maka sasaran yang kita tuju adalah para remaja atau mahasiswa sehingga kita bisa menyesuaikan bahasa dan gaya penulisan yang akan digunakan. Karena akan sangat aneh jika dengan sasaran tersebut kita menggunakan bahasa baku dan gaya penulisan yang formal. Dan sebaiknya apapun tema yang akan dibahas, usahakan konten blog seinformatif mungkin.

DESIGN BLOG RAPI DAN BERSIH
Paling tidak sebagian besar warna dasar blog adalah putih (80% white space), hal ini dimaksudkan agar pembaca tidak jenuh dan pusing saat membaca tulisan diblog kita. Bisa bayangin kan betapa mumednya mata pembaca kalau warna dasar blog hijau terus warna font nya merah? Argh. Ngga mau ngebayangin.

Kemudian sebisa mungkin tampilan blog harus bersih. Kan biasanya ada tuh sebagian orang yang menghias blog nya seramai mungkin biar kelihatan menarik. Ew. Yang ada malah fokus ke hiasannya bukan fokus ke isi kontennya><. Ngga usah contoh ya, pasti kalian sudah paham kan apa yang dimaksud.

Nah, selanjutnya usahakan agar letak konten dan sidebar rapi. Konten berada di sebelah kiri dan sidebar di sebelah kanan. Hal ini untuk memudahkan pergerakan mata pembaca.

Pemilihan template juga perlu untuk diperhitungkan. Lebih baik menggunakan template yang ringan agar proses loadingnya cepat. Dan sebaiknya template yang digunakan bersifat responsive artinya  tampilan blog mudah menyesuaikan diri pada berbagai macam ukuran layar pengakses. Jadi blog tidak hanya bisa diakses lewat pc saja namun bisa lewat hp, tablet, dan lain-lain.

Begitu juga dengan foto, ukuran foto maksimal 100 kb agar tidak lemot saat loading. Nah kalau ini bisa dicek di imageoptimizer.net dan gtmetrix.com

KONTEN BLOG
-      Kronologis                    : penulisan harus runtut dan logis.
-      Tematik                        : memiliki topik khusus yang akan dibahas.
-     Didaktif                  : berisi mengenai sharing pengetahuan atau bersifat informatif.
-  Solusi permasalahan: menjawab beberapa permasalahan yang sering terjadi, misal solusi ketika anak mengalami demam.

*TIPS* MEMILIH NAMA DOMAIN
-      Maks 2 suku kata
-      Lebih baik menggunakan nama sendiri sebagai branding
-      Mudah diingat/diketik
-      Personal
-      Nama domain dan sosial media sama (konsisten)

*TIPS* MEMBUAT KONTEN BLOG
-      Mengetahui EYD (Ejaan yang Disempurnakan) dasar
-      Konten bersifat unik
-      Fokus penulisan pada pembaca
-      Niche konten lebih baik
-      Gambar atau foto menarik (eye catching)

Keseruan saat sesi foto acara Blog Coaching Clinic (Source: Pritahw.com)

Yaah akhirnya tulisan ini selesai juga. Sebenarnya materinya masih banyaak banget tapi apa dayaku yang waktu itu kurang memahami isi materinya karena terlalu waw untuk ukuran pemula sepertiku. Hiks.
Okay, aku ngga boleh bersedih setidaknya ada beberapa materi yang bisa aku cerna dengan baik sehingga aku juga bisa berbagi dengan kalian semuaa. Nah, kalau mau tahu lebih lengkap bisa kunjungi link ini, ulasan yang ditulis oleh Mba Vindy menurutku sudah sangat bagus, rinci, dan lengkap. Semoga membantu ya!





Blog Coaching Clinic with Blogger Perempuan Blog Coaching Clinic with Blogger Perempuan Reviewed by Unknown on September 30, 2017 Rating: 5

2 komentar:

  1. wiihiiiii
    semoga konsisten ngeblog ya raaaaan
    ngeblog mah cuma butuh konsisten... sama laptop... sama wifi... sama cemilan...

    wkwk

    BalasHapus
  2. wkwkkw betul banget lohh ross apalgi yg terakhir wajib :p haha
    tengs ya kakros sudah mampir dah baca *luvv*

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.