TOEFL ITP di LKP TEXAS, Why Not?

Halo!
Aku ada cerita nih tentang pengalamanku saat mengikuti TOEFL ITP try out di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Texas. Sebenarnya try out nya sudah dilaksanakan beberapa hari yang lalu tetapi ceritanya baru dirilis sekarang, maklum aku sering banget (sok) sibuknya hehe. Menurutku pengalaman ini cukup menarik dan sesuatu hal yang menarik sudah sepatutnya untuk dibagi, bukan?

Berbicara tentang Bahasa Inggris, ternyata masih ada sebagian orang yang berpikiran bahwa mempelajari Bahasa Inggris adalah hal yang tidak menarik dan dirasa kurang penting. Pasti kalian pernah menemukan beberapa orang yang berpikiran seperti ini:

“Ngapain gitu loh susah-susah belajar Bahasa Inggris wong tinggal juga tinggal di Indonesia, ngomong sehari-hari juga Bahasa Indonesia, ngga nasionalis ah kalau belajar bahasa asing” Atau
“Kok malah bangga sama bahasa asing sih, emang situ bule belagu amat pakai Bahasa Inggris?”

Dan lain-lain.

Huft. Kadang suka gemes sendiri sama sebagian orang yang masih berpikir seperti itu. Pendapat mereka bisa benar bisa juga salah. Bisa benar jika memang kita hanya hidup dan berinteraksi di dalam wilayah Indonesia saja dan semua teknologi canggih yang saat ini kita gunakan juga produksi dari Indonesia. Bisa benar jika tidak ada satu hal pun yang mengharuskan kita untuk berinteraksi ataupun berhubungan dengan negara asing. Dengan kata lain, Indonesia bisa berdiri sendiri membangun negaranya tanpa ada kerjasama dari negara manapun.
Namun bisa juga salah, karena realitanya tidak seperti itu. Sedihnya, realita terkadang jauh lebih pahit dari harapan dan harapan selalu lebih manis dari realita, atau memang selalu seperti itu? Uhuk.

Ngga perlu lah ya kita sampai membahas rakyat Indonesia yang harus bisa berdaya saing dengan negara asing atau ngebandingin canggihnya teknologi luar dengan teknologi dalam negeri dan blablabla lainnya. Memulai dari hal kecil seperti mempelajari Bahasa Inggris saja kadang ogah-ogahannya minta ampun. Ini baru dari segi komunikasi belum lagi hal-hal lainnya. Karena mau se-ngga suka apapun dengan Bahasa Inggris, Bahasa ini telah disepakati sebagai bahasa internasional. Aku yakin, ini sudah menjadi info umum dan kalian pasti tahu. Jadi, suka ngga suka kita akan tetap menghadapi kenyataan bahwa saat ini Bahasa Inggris menjadi penting untuk dipelajari. Semangat!

Lah, Emang yang nulis ini udah jago Bahasa Inggrisnya?

Ehem. Jago sih belum. Aku memang masih jauh dari “jago” Bahasa Inggris, but at least i’m on my way. Aku juga sedang dalam proses belajar, karena tidak ada proses yang instan, sekalipun namanya mie goreng instan, tetap saja kalian harus melewati step by step proses pembuatannya sebelum bisa disantap dengan telor mata sapi yang lezat dan sangat menggiurkan. Uhh. (Ini harus banget analogi nya pakai mie goreng?)

Nah maka dari itu, untuk mendukung proses belajarku menjadi ‘Rani yang jago Bahasa Inggris’, aku (Alhamdulillah) mendapat kesempatan untuk mengikuti TOEFL ITP try out di LKP Texas Jember bersama temen-temen Blogger Jember Suegeer (BJS). Waktu itu jumlah peserta sebanyak 10 orang.

Source: www.pritahw.com

Ini adalah pengalaman Tes TOEFL keduaku, sebelumnya aku sudah pernah di ******. Tetapi, aku cukup kecewa karena fasilitas yang diberikan tidak memadai terutama dalam hal speakernya. Jadi yang aku dengar sepanjang tes bagian Listening adalah suara orang berkumur sambil membaca teks. Abduegfbedsubgcfejbdvuidb. Apalagi waktu itu volume speakernya cukup besar. Bisa bayangin kan hancurnya telinga ini? Karena bagian awal adalah Listening yang terlanjur membuatku sedikit ngedown, alhasil pada bagian structure and reading aku tidak terlalu fokus dan hanya berdoa agar jawaban ngacoku banyak benarnya. Begitulah pengalaman tes TOEFL pertamaku yang menyayat hati:”

Lalu, bagaimana dengan pengalaman TOEFL kedua? Alhamdulillah, Fasilitas yang disediakan oleh pihak LKP Texas sudah sangat memadai. Setiap peserta telah disediakan headphone di meja masing-masing, jadi tidak ada lagi drama speaker suara orang berkumur seperti pengalaman pertama. Disamping itu, LKP Texas juga menyediakan pensil bagi yang tidak membawa atau mungkin pensilnya tumpul. Tapi, jangan dibawa pulang loh ya. Pensilnya buat dipinjam bukan untuk souvenir.

Total soalnya ada 140 soal, terdiri dari listening (35 menit), structure (25 menit), dan reading comprehension (55 menit). Durasi pengerjaan soal sekitar 115 menit. Dan di layar LCD sudah tertera jam digital jadi ngga perlu panik kalau ngga bawa jam tangan. sebagai penutup, setiap peserta bakalan dapat snack sama minuman.
Suasana saat mengerjakan try out

Sedikit informasi mengenai LKP Texas, tidak hanya pembelajaran mengenai Bahasa Inggris saja yang diberikan melainkan terdapat beberapa bahasa asing lainnya seperti Bahasa Korea, Perancis, Mandarin, Arab, dan Jepang. Sesuai dengan minat you guys, so bisa dipilih mana yang paling diminati. Disamping itu, LKP Texas juga ada pembelajaran mengenai Matematika, Fisika, dan Komputer. Nah, ini juga info penting, LKP Texas merupakan Pusat Toefl ITP pertama di daerah tapal kuda (Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, dan Banyuwangi). Bagi kalian yang tinggal di daerah tapal kuda dan tertarik untuk mengikuti kursus bahasa asing, ngga ada salahnya mencoba di LKP Texas Jember.
Nanti setiap peserta yang sudah melaksakan TOEFL ITP bakal dapat ijazah seperti di bawah ini. Ijazahnya berlaku selama dua tahun dan langsung dari ETS (Educational Testing Service).
Source: LKP Texas Jember

Setiap mendaftar TOEFL ITP nya, maka akan mendapatkan free try out yang seharusnya dikenai biaya sebesar RP 75.000. Wow! Memang tidak ada yang lebih indah dari sesuatu hal yang gratis.
Dan satu info penting lagi, seringkali ada kesalahan informasi mengenai waktu pendaftaran TOEFL ITP. TOEFL ITP di LKP Texas selalu diadakan sebulan sekali. Pendaftaran dimulai dari H-20, karena semua data peserta akan dikirim ke ETS yang berlokasi di Princenton, New Jersey, Amerika Serikat.

Ini dia beberapa keunggulan dari LKP Texas:
Terakreditasi B untuk program Bahasa Inggris dari BAN (Badan Akreditasi Nasional)
·Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Jember dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jember
·In partnership with ETS (Educational Testing Service) AS dalam penyelenggaraan TOEFL ITP resmi bersertifikat internasional
·Terakreditasi untuk program Komputer Desain Grafis dari Lembaga Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja
·Predikat B Hasil Penilaian Kinerja LKP dari Dirjen Pendidikan Nonformal dan Informal Kemdiknas
·Juara 1 Lomba Bidang Bahasa pada Lomba LKP Prov Jatim 2016
·In partnership with Narita Japanese Language School untuk pengajaran Bahasa Jepang
·Mengadakan program beasiswa kerjasama dengan Jepang yang semua persyaratannya ada di Texas, seperti EJU, TOEFL ITP, dan JLPT.

Ada satu bonus foto bersama Mom Lucy as an owner of Texas. Aku sangat mengagumi sosok beliau karena sangat cerdas dan humble. Here it is.


 Info lebih lanjut, silakan hubungi:
LKP TEXAS
Alamat : Jl. Imam Bonjol 31 A Jember
Telp : 0331 - 424013
Instagram : @lkptexas

Web : www.texas-englishcourse.co.id
TOEFL ITP di LKP TEXAS, Why Not? TOEFL ITP di LKP TEXAS, Why Not? Reviewed by Unknown on Agustus 20, 2017 Rating: 5

5 komentar:

  1. Brarti cukup puas nih mbk ya, Tea Toefl di LKP TEXAS? Recommended kan ya 😍
    Cetharr.... Andai bisa ikutan waktu itu. Huhu...
    By theway, emang klo ketinggalan bahasa inggris kok rasanya ada yg kurang mbK. Lah, dri khidupan sehari2 kayak benda2 itu selalu ga jauh-jauh instruksinya pakai bahasa inggris.
    Tfs buat sharing pengalamannya ya mbak Rani 🙌😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Recommended nih apalagi orang-orangnya juga ramah jadi makin betah hehe
      wahh iya makasih juga mba rohmah sudah mampir dan baca :)

      Hapus
  2. Biaya murah yang di dapat banyak sip sip sip, yang terpenting pengalaman ya heheh

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.